Pengikut

Eko Sulistyo Santosa

Berbagi Cerita Kata dan Makna

Internet Marketers Nahdlatul Ulama

10 Hal Wanita Boleh Lakukan di Arab Saudi Saat Ini


Kamu harus Tahu !!! Ini loh  10 Hal Yang Boleh Wanita Lakukan di Arab Saudi Sekarang



Kalau kita ngomongin tentang Arab Saudi pasti yang kebayang tentang orang - orang  Indonesia yang tiap tahun pada berduyun - duyun berangkat Ibadah Haji ( Naik Haji ) ke Mekkah - Madinah yang merupakan dua kota bersejarah perjalanan hidup Rasulullah. Dah gitu , orang arab terkenal tinggi besar dan berhidung mancung plus ganteng - ganteng ditambah lagi berbulu lebat...makanya gak heran biasanya iklan penumbuh kumis atau bulu, yang dijadikan gambar iklannya pria keturunan arab, hehe. Namun dibalik itu,  kalian tau gak sih , kalau sekarang negara Arab Saudi sudah mulai berbenah loh. Bahasa kerennya di reformasi gitu , kayak model di Indonesia. Eiits, tunggu dulu reformasi di Arab Saudi sama di negeri kita tentunya beda yah, karena secara sistem dan bentuk negara juga berbeda. Kalo di Indonesia kan sudah bukan sistem kerajaan lagi, tapi sistemya Republik yang di pimpin oleh seorang Kepala Negara yang disebut Presiden, Sang Presiden ini dipilih langsung  secara demokratis lewat pemilu oleh rakyat . Nah , kalo di arab saudi sistemnya adalah kerajaan ( Monarki ) yang dipimpin oleh seorang raja, yang dipilih berdasarkan garis keturunan raja terdahulu secara turun temurun. Dari penjelasan diatas tentunya kalian sudah paham yah, kalo masih gak paham berarti kalian harus mengulang pelajaran sejarah dan tata negara deh , hehe. Sudah bukan rahasia umum lagi, kalau di negara Arab Saudi itu banyak banget peraturan - peraturan yang harus di patuhi warga negaranya alias di sana itu yang namanya kebebasan gak sama seperti negara tercinta kita. Tapi yang namanya perubahan itu adalah sebuah keniscayaan, begitupun yang sekarang terjadi di Arab Saudi.Atas usulan Pangeran Muhammad bin Salman, putra dari Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud. Sang pangeran ini  mencoba mendobrak sebagian peraturan - peraturan  yang selama ini berlaku untuk kaum perempuan di sana yang sebelumnya tidak di perbolehkan sekarang menjadi di perbolehkan, tentu saja ini sebuah lompatan besar sebuah kebijakan yang lebih menghargai peranan dan kebebasan kaum perempuan di Arab Saudi yang terkenal sangat konservatif itu.


Di era teknologi informasi digital yang melampaui sekat budaya dan batas geografis suatu negara, efek dan peran serta media sosial pengaruhnya secara perlahan mampu menembus tembok tebal kebijakan suatu negara yang awalnya kaku akhirnya memaksa suatu rezim melakukan berbagai "penyesuaian zaman" lewat perubahan berbagai peraturan untuk warga negaranya agar mampu bersaing dalam kompetisi global, khususnya untuk para perempuan yang selama ini menjadi warga negara "kelas dua" dibawah bayang - bayang hegemoni kekuasaan kaum laki - laki.
Berikut 10 hal yang kini diperbolehkan oleh Pemerintah Arab Saudi untuk  kaum hawanya di sana , yang saya kumpulkan dari berbagai sumber :


1. Mengemudi

Pekerjaan yang dulunya sama sekali dilarang untuk para wanita arab saudi ini, kini telah di hapus dan kaum wanita disana sekarang sudah menikmati kebebasan untuk mengemudi mobil di jalan raya, setara dengan hak kaum lelakinya.


2. Menonton Bioskop

Saya rasa ,semenjak dari kecil mungkin kalian sudah begitu familiar dengan yang namanya bioskop, apalagi kalau orang tua kita termasuk orang tua yang hobi menonton film, so pastinya kita di waktu senggang atau suasana liburan ikut diajak orang tua buat menemani kesenangan mereka nonton atau sekedar jalan - jalan ke bioskop bersama teman - teman menikmati tontonan akhir pekan. Beda Indonesia beda Arab Saudi, disana kaum perempuan tadinya di larang untuk sekedar menonton film di bioskop, suatu hal yang dianggap lumrah oleh masyarakat kita. Beruntungnya, saat ini kaum hawa di Arab Saudi sudah diperbolehkan menonton film di bioskop, tidak seperti masa - masa sebelumnya.


3. Nonton Konser/Pertunjukan Musik

Kalau kalian hidup di Indonesia siapa sih yang gak suka nonton konser musik, apalagi yang namanya remaja cewek. Setiap ada konser musik yang menghadirkan artis pujaannya, jalan apa saja terkadang nekad dilakukan demi bertemu sang idola. Beda dengan  di Arab Saudi, kaum perempuan di sana tidak seberuntung kaum laki - lakinya, para perempuan arab saudi dahulu sangat di larang untuk sekedar menonton apalagi bersalaman dengan artis idolanya. Namun sekarang lewat perubahan yang dimotori oleh Pangeran Muhammad bin Salman, larangan nonton bioskop bagi perempuan sudah tidak berlaku lagi. Kini perempuan di
sana sudah bebas menikmati suasana akhir pekan bersama keluarga atau sahabat dengan menonton film kesayangannya di bioskop


4. Bersepeda

Kegiatan olah raga bersepeda yang di Indonesia bisa dilakukan oleh siapa saja, baik tua muda , laki - laki maupun perempuan kini juga bisa dilakukan oleh para wanita di Arab Saudi, semenjak usulan perubahan yang di gagas pangeran Muhammad bin Salman ini diberlakukan


5. Ngegym

Duh, kalian yang punya masalah kelebihan  berat badan  atau yang pengin badannya kayak aktor laga, gym adalah salah satu solusi utama yang dipilih buat ngelangsingin apa ngebesarin badan. Kalo kalian hidup di Indonesia sih, ga masalah ya...namun bagi kalian  para cewek yang hidup di negara Arab Saudi, pergi ke gym memang diperbolehkan tapi khusus tempat gym buat kaum hawa saja. Namun sejatinya itu lebih beruntung dibanding wanita arab saudi yang hidup di era sebelumnya, mereka sama sekali tidak diperbolehkan pergi ke tempat gym/pusat kebugaran.


6. Aktif di Pemerintahan

Ada perubahan yang fenomenal dalam struktur pemerintahan di Arab Saudi, wanita di sana sekarang mempunyai kesempatan untuk menduduki jabatan publik , bahkan peran dan keterwakilan mereka semakin meningkat dalam birokrasi pemerintahan. Hal ini merupakan langkah maju bagi kaum perempuan Arab Saudi dalam menghadapi dunia yang semakin kompetitif


7. Nonton Bola

Sepak bola adalah olah raga paling digandrungi oleh manusia sejagad, penggemarnya tidak mengenal batas usia, gender dan ras maupun agama. Sebagai olah raga yang paling menyita perhatian dunia, bahkan setiap negara rela mengeluarkan dana dan energi yang besar untuk mengembangkan kualitas persepak bolaan mereka. Tak terkecuali dengan Arab Saudi yang berhasil tampil di hampir setiap edisi Piala Dunia. Sadar akan pengaruhnya yang begitu besar sebagai magnet positif, pemerintah arab saudi akhirnya memperbolehkan para kaum wanitanya untuk menyaksikan/menonton langsung pertandingan sepak bola, sebagai bagian bentuk penghargaan pada olah raga yang turut menjadi kebanggaan nasional.


8. Menjadi Kasir di Supermarket

Memang belum seberapa banyak kesempatan kerja kaum wanita di arab saudi dibanding peran laki - laki yang mayoritas menempati setiap sektor industri dan perdagangan , namun sekarang seiring perubahan di bidang ekonomi yang tidak melulu mengandalkan pendapatan  sektor minyak, peranan wanita dalam dunia kerja juga makin terbuka lebar.


9. Petugas Layanan Publik

Dulu , pekerjaan yang berhubungan dengan pelayanan publik semuanya di kuasai oleh kaum pria. Baru setelah adanya usulan perubahan dari Pangeran Muhammad bin Salman Sang Putra Mahkota Raja Salman, peran kaum perempuan di sektor pelayanan publik mulai ditingkatkan. Petugas KIR mobil misalnya yang dahulu hanya dipegang oleh kaum laki - laki ,  sekarang sudah menjadi pekerjaan kaum perempuan.


10. Polisi Lalu Lintas

Kalau di Indonesia ada polisi wanita disingkat Polwan yang di internal Kepolisian Republik Indonesia kedudukannya setara dengan koleganya sesama polisi dari kaum laki - laki,  bahkan ada Polwan yang berhasil menduduki jabatan perwira tinggi di Kepolisian Republik Indonesia. Nah , kalo di arab saudi polisi wanitanya sementara ini baru sebatas menjadi Polisi Lalu Lintas. Namun hal itu sudah merupakan suatu perubahan yang positif dibanding masa - masa sebelumnya, dimana peranan perempuan wanita arab saudi sangat minim sekali.

Nah  sahabat , itu tadi 10 hal yang boleh dilakukan para wanita di negara Arab Saudi saat ini. Oh ya, ada hal menarik yang perlu kita jadikan pelajaran dibalik perubahan yang terjadi di negara tersebut,  yaitu bagaimana mereka sudah mulai mengantisipasi krisis sumber daya alamnya di masa depan dengan melakukan reformasi di berbagai bidang demi meningkatkan daya saing sumber daya manusianya , menghadapi kompetisi global yang membutuhkan skill dan profesionalitas. Lalu bagaimana dengan Indonesia ?

 Semoga bermanfaat

8 SMA Terbaik dan Terpopuler Di Banyumas




Assalamu alaikum, halloo sahabatku semuanya, akhirnya saya punya kesempatan untuk memposting lagi tulisan di blog, setelah sekian lama hari - hari saya dua minggu ini terisolir di pedalaman Kalimantan. Butuh kesabaran luar biasa selama menunggu sinyal jaringan internet, bagi seorang blogger sinyal internet itu ibarat sebuah matahari bagi planet bumi, tanpanya maka matilah kehidupan diatasnya..hehe

Udah ah, malah jadi ngaco ceritanya sampai ke sana-sana kapan nulisnya nih...

Oh ya kali ini, saya akan membahas tentang sekolah favorit ke kinian yang ada di Banyumas dan Cilacap ya guys. Bahan - bahannya sudah ada sih sebetulnya dari dua minggu yang lalu, tapi ya itu tadi...terkendala sinyal heem

Berbicara tentang sebuah sekolah, apa sih yang terpikir di benak kalian...mungkin bisa dijelaskan secara sederhana ya guys, menurut pengertian umumnya Sekolah Menengah Atas adalah

" jenjang lanjutan  pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia setelah lulus Sekolah Menengah Pertama. Masa tempuh pendidikan Sekolah Menengah Atas nornalnya ditempuh dalam kurun waktu 3  ( tiga ) tahun. jenjangnya dimulai dari kelas 10 sampai kelas 12 ".

Nah itu tadi sekilas pengertian umum SMA, selain itu sekarang SMA juga ada yang namanya SMA Rujukan, apa sih yang dimaksud SMA Rujukan, jadi kalian harus paham ya guys, bahwa sebenarnya "sekolah rujukan" itu merupakan program yang berasal dari pemerintah pusat di bidang pendidikan dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), artinya sekolah rujukan pada dasarnya bukanlah sebuah label untuk sekolah. 

Perlu diketahui pemerintah pusat saat ini mempunyai dua buah program untuk sekolah -sekolah yang ada di Indonesia baik sekolah negeri maupun sekolah swasta  yaitu sekolah rujukan dan sekolah kewirausahaan.Untuk bisa dikategorikan menjadi sekolah rujukan syarat utamanya adalah salah satunya sekolah tersebut memakai kurikulum 2013 dan mempunyai nilai akreditasi A atau terbaik di daerah tersebut. Nah, semoga penjelasan diatas tadi bisa membuat kalian mengerti ya , bagaimana sih sebuah sekolah dianggap baik dan berkualitas.

Buat kamu - kamu yang sekarang mau lulus SMP , sudah seharusnya mulai memilah dan memilih, SMA mana yang nanti bakal kalian tuju. Pada dasarnya semua sekolah itu baik tinggal kalian bisa gak mengikuti peraturan dan memaksimalkan pelajaran yang diajarkan oleh guru, sehingga begitu lulus ilmu yang telah diajarkan di sekolah mampu menjadi manfaat bagi hidup dan karir kalian di masa depan.

Berikut 10 SMA terbaik di Banyumas versi https://aswajareformer98.blogspot.com :


1. SMAN 1 Purwokerto










Sudah tidak diragukan lagi, sekolah yang akrab di sebut Smansa ini mempunyai jejak tradisi prestasi paling menonjol di Kabupaten Banyumas. Berdiri sejak  1 agustus 1958, sekolah yang beralamat di Jalan Gatot Soebroto No.73 Purwokerto Timur ini merupakan salah satu SMA rujukan yang telah menggunakan kurikulum 2013 dengan tingkat Akreditasi A. Jadi sudah dijamin ya guys, pastinya Smansa sekolah yang berkualitas.

2. SMAN 2 Purwokerto





Sekolah Menengah Atas yang berdiri sejak 1950 ini adalah salah satu sekolah yang menonjol dengan segudang prestasi. SMA Negeri 2 Purwokerto mempunyai Visi : Menjadi sekolah unggulan yang mampu menghasilkan lulusan yang beriman, bertaqwa, berilmu pengetahuan, dan berketerampilan serta ramah lingkungan sehingga mampu bersaing di masyarakat nasional maupun internasional. 
Dengan status sebagai sekolah rujukan dan tingkat Akreditasi A , SMAN 2 Purwokerto layak menjadi target list kamu - kamu yang sebentar lagi akan lulus SMP.


3. SMAN 5 Purwokerto




Walaupun secara usia terhitung paling muda dibanding dua SMA Negeri diatas, SMAN 5 Purwokerto termasuk menjadi salah satu sekolah favorit bagi lulusan SMP di wilayah karesidenan Banyumas. Berdiri sejak tanggal 5 September 1991, SMAN 5 Purwokerto telah banyak berkiprah di berbagai kompetisi sekolah dan lulusannya sudah banyak yang berhasil. 


4. SMAN 1 Banyumas




SMAN 1 Banyumas mulai berdiri pada tahun 1974, lokasinya terletak di bagian barat daya Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Letaknya yang strategis di dekat alun-alun kota dan pusat kota Banyumas dengan luas 3,9 hektar dan lebih dari 70% ruang terbuka hijau, mengantarkannya menjadi sekolah tersehat di Indonesia pada tahun 2016. Dengan kelebihannya sebagai sekolah berbasis green school, membuat harum nama Kabupaten Banyumas dikancah nasional. Sangat baik buat kamu - kamu yang pengin sekolah sambil menikmati suasana yang hijau dan ramah lingkungan.


5. SMAN Jatilawang



Juara 2 Lomba Cerdas Cermat Ekonomi SMA Tingkat Propinsi Jawa Tengah 2018



Sekolah yang beralamat di Jalan Raya Jatilawang No. 376 merupakan salah satu SMA Negeri yang terletak di barat daya Purwokerto, tepatnya di rute Purwokerto - Wangon via Rawalo. Walaupun lokasinya terbilang dipinggiran kota , namun SMA yang berdiri sejak 20 November 1984 ini sangat stabil dalam raihan prestasi di kancah Banyumas dan tingkat propinsi. Namanya selalu masuk dalam 10 besar SMA Terbaik di Banyumas. Statusnya sebagai sekolah adiwiyata mandiri dengan kurikulum 2013 dan sederet prestasi terkini sebagai Juara 2 Gelar Paskibra Tingkat Propinsi Jawa Tengah, Juara 2 Lomba Cerdas Cermat Ekonomi SMA Tingkat Propinsi Jawa Tengah semakin membuktikan bahwa SMAN Jatilawang tidak bisa dianggap remeh oleh SMA unggulan lainnya.


6. SMAN 1 Ajibarang




Sekolah Menengah Atas yang satu ini terletak di Jalan Pancurendang Ajibarang, berdiri sejak 1984. Dengan semangat gerakan hemat energi, SMAN  1 Ajibarang berhasil menjuarai lomba sekolah Hemat Energi dan Air. Sederet prestasi lainnya juga sudah diraih siswa/siswinya , menambah reputasi sekolah yang sudah berpredikat Sekolah Adiwiyata Nasional ini. Buat kamu - kamu yang hobi pada bidang energi ramah lingkungan, mungkin ini yang pas buat target list kamu nanti lulus SMP.


7. SMA Al Irsyad Al Islamiyah 


Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al Irsyad Purwokerto adalah sekolah swasta islam unggulan yang pertama berdiri di kota Purwokerto. Dengan fasilitas yang lengkap dan dukungan materi pelajaran islami, menjadikan nilai tambah tersendiri bagi siswanya. Sesuai dengan visinya menjadi SMA Islam Teladan Tingkat Nasional yang berbasis teknologi informasi dan berwawasan internasional. Buat kamu - kamu yang pengin sekolah sambil memperdalam wawasan islami , kayaknya SMA Al Irsyad Purwokerto layak buat referensi.


8. SMA Bruderan

Sebagai Sekolah Menengah Atas swasta tertua di karesidenan Banyumas, sekolah yang berdiri sejak tanggal 15 Juli 1951 ini memang layak diperhitungkan. Beralamat di Jalan Gatot Soebroto No. 63 Purwokerto, dengan status terakreditasi A terbilang layak untuk menjadi pilihan kalian yang nanti lulus SMP.


Nah kira-kira kamu mau pilih yang mana kalau sudah lulus SMP, yang jelas semua sekolah itu baik dan kuncinya ada di tangan kalian sendiri. Semoga tulisan ini bermanfaat sebagai informasi publik. Apabila ada saran dan masukan mengenai sekolah lain yang layak di masukkan di sini silahkan tulis di komentar di alamat email saya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini.


Sinergi Pemuda NU dan Muhammadiyah bekerjasama dengan PKU Muhammadiyah Mujur Kroya Di Hari Santri Nasional 2018

Foto  : Sahabat Amir Triono


Dalam Rangka menyambut Hari Santri Nasional 2018 Pemuda NU dan Pemuda Muhammadiyah Desa Bangsa bekerjasama dengan PKU Muhammadiyah Mujur Kroya melakukan Kegiatan Bakti Sosial Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis untuk ratusan Masyarakat Desa Bangsa. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Hari Ahad pagi tanggal 21 Oktober 2018 berlokasi di Balai Desa Bangsa Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas Jawa Tengah.



Dengan didasari semangat Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober, ada alasan tertentu mengapa kaum santri layak mendapatkan tempat yang mulia hingga ditetapkan menjadi Hari Santri Nasional oleh pemerintah tiga tahun yang lalu. Alasannya adalah sebagai penghargaan terhadap peranan santri dan ulama dalam sejarah Kemerdekaan RI. Rekam jejak sejarah membuktikan bagaimana pengorbanan, loyalitas serta dedikasi kaum santri dan ulama di masa Revolusi Perang Kemerdekaan Indonesia sangatlah fundamental. Peranan Kaum Santri dan Ulama dalam menebarkan nilai-nilai kebajikan, kebenaran  serta ke-Bhinneka Tunggal Ika-an  demi kepentingan bangsa dan negara sudah sepantasnya untuk kita teladani bersama.



Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Sahabat Amir Triono, adapun maksud dan tujuan diadakannya Bakti Sosial Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis menyambut Hari Santri Nasional ini adalah untuk memperkuat kerukunan umat Islam khususnya di wilayah Desa Bangsa dan sekitarnya serta membantu masyarakat yang membutuhkan akses kesehatan berupa pemeriksaan dan pengobatan secara gratis.


Biaya pelaksanaan acara bakti sosial tsb diambil dari dana Gema Infaq Desa Bangsa, dari Keluarga dokter Jungkung Mardeo (Penanggung Jawab Klinik PKU Muhammadiyah Kroya), dari Jamaah Musholla Al Iman Desa Bangsa dan dari BPRS Bumi Artha Sampang yang diberikan oleh Bp. Kuat Sugiyanto selaku Direktur BPRS Bumi Artha Sampang, dengan jumlah peserta sebanyak 101 orang.



Dalam Kegiatan Bakti Sosial Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis di Hari Santri Nasional ini juga dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat dan perwakilan organisasi/institusi, antara lain :

1. Pelda Agus Sutiyono selaku Babinsa Desa Bangsa dari Koramil Kebasen

2. Kadus 1 Desa Bangsa Saudara Fathurrahman, Kaur Singgih dan Kaur Agus.

3. Bapak Sugeng Ketua Ranting Muhammadiyah Bangsa

4. Kyai Kholidun Ketua Ranting GP  Ansor Desa Bangsa serta sahabat-sahabat Ansor Banser Desa Bangsa

5. Sahabat Purwadi SH, Tokoh Pemuda Muhammadiyah Desa Bangsa

6.  Dan dibantu oleh Sdr. Rizal dan Sdr. Sigit Susanto, tokoh Pemuda Islam Desa Bangsa.


Meski Kades Bangsa berhalangan hadir krn ada acara lainnya, Beliau sangat mendukung dan mensupport acara tsb, dan berharap acara kerjasama spt ini masih terus bisa dilaksanakan kembali.






Demikian kiranya informasi publik ini saya haturkan agar menjadi manfaat yang seluas-luasnya dikalangan masyarakat.
Pesan yang dapat sampaikan dalam tulisan mengenai Kegiatan Bakti Sosial Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional 2018 ini, mari sebagai sesama anak Bangsa Indonesia untuk senantiasa menjaga tali ukhuwah diantara sesama muslim dengan menanggalkan perbedaan antar golongan atau kelompok demi kemanusiaan dan demi kepentingan masyarakat secara umum.


Awali dari diri kita sendiri sebagai "agen of change" atau agen perubahan yang positif dimulai dari lingkungan terdekat kita sehingga menjadi pencerahan bagi masyarakat multi karakter/majemuk yang rawan untuk diadu domba karena keterbatasan pemikiran dan pemahaman. Seperti kisah persahabatan antara Sahabat Amir Triono dan Dokter Jungkung Mardeo, walaupun keduanya aktif dalam organisasi yang berbeda namun mereka mampu menjadi pionir Bakti Sosial yang layak untuk kita apresiasi dan kita teladani.



Selamat HARI SANTRI NASIONAL 22 Oktober 2018

#HariSantriNasional

#SantriReligiusNasionalis

#SantriUntukIndonesia

Cara Memasak Ayam Bakar Wong Banyumas





Sahabat aswajareformer98, kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana caranya memasak ayam kampung  yang enak dan empuk dengan metode pembakaran atau pemanggangan. Sebelumnya saya sudah mencoba berbagai macam kuliner khas ayam bakar, dari berbagai jenis sajian ayam bakar rata-rata masalahnya adalah  kurang terasa atau bisa dibilang kurang meresap bumbunya kalau tidak dagingnya terasa masih alot kayak karet...hehe.Berawal dari situlah,saya bereksperimen sendiri untuk membuat varian baru masakan Ayam Bakar, secara umum sebenarnya sama dengan konsep ayam bakar lainnya, hanya saja yang membedakan adalah penambahan daun jeruk yang dihaluskan beserta daun kemangi.Adapun tujuannya adalah untuk menghilangkan amis dan menambah aroma wangi khas  ayam bakar tersebut.Tentu saja teknik pemanggangannya pun juga berpengaruh terhadap hasil akhir, karena kalau terlalu lama dan bara apinya tidak menyala secara merata sampai ke bagian dalam ayam maka nanti bisa gosong atau sebaliknya bumbunya masih basah tidak terlihat sebagai Ayam Bakar.


Langsung saja yuuk kita belajar bareng lewat tulisan ini.Berikut langkah-langkahnya Cara Memasak Ayam Bakar Wong Banyumas versi https://aswajareformer98.blogspot.com :

1.  Siapkan satu ekor  Ayam Kampung atau ayam broiler dewasa  yang sudah dibersihkan, belah dibagian dada namun jangan sampai tembus , lalu lebarkan kedua sisi bagian dada yang telah dibelah tadi sehingga ayam masih tetap dalam keadaan utuh tidak terbagi dua bagian.

2.  Siapkan bahan untuk bumbu halus, antara lain :

Bawang Merah 9 siung , bawang putih 9 siung, merica seperempat sendok teh, ketumbar setengah sendok teh, lengkuas 2 ruas, jahe 2 ruas, daun serai 2 batang,satu butir gula merah, kunyit 2 ruas, kemiri 9 butir, cabe merah 15 buah,cabe rawit 10 buah, tomat 2 buah, daun kemangi 10 batang,  dan terakhir daun jeruk 10 lembar , bersihkan lalu haluskan dengan blender atau ulegan.


Cara Memasak  :


1.  Rebus Ayam dalam panci/wajan tertutup, masukkan bumbu halus bersama ayam ,aduk-aduk bumbunya ke ayam hingga merata, usahakan ayam terendam sempurna, namun jangan sampai airnya kebanyakan di kira-kira saja secukupnya disesuaikan dengan komposisi bumbu halus beserta garam dan penyedap rasa sesuai selera. Rebus selama kurang lebih 1,5 - 2  jam untuk ayam kampung tergantung usianya tua atau muda dan 1 jam untuk ayam potong, dengan api sedang.Setelah  itu diamkan sambil menunggu proses pembuatan bara api.

2.  Siapkan media pembakaran berupa arang dan besi alas panggangan untuk ayam.Letakkan ayam diatas alat pemanggang ,usahakan supaya panas bara apinya merata ke seluruh permukaan ayam. Jangan lupa bolak-balik hingga bumbu halus mulai mengering dan berwarna merah kecoklatan. Setelah itu angkat dan sajikan untuk 4 - 5 orang .

Untuk melengkapi sajian Ayam Bakar Wong Banyumas ini, alangkah baiknya di temani sambal kecap dan lalapan ketimun, walaupun sebenarnya rasanya sudah pedas.


Selamat Mencoba

Semoga bermanfaat  !!!



Cara Memasak Ikan Kuah Non Kolesterol ( tanpa minyak )



Sahabat aswajareformer98 , Ikan Kakap Merah adalah salah satu jenis ikan laut yang mempunyai nilai ekonomis tinggi.Selain gizinya yang tinggi,  rasa daging ikannya  yang lembut dan enak, warna merah disekujur tubuhnya membuat ikan ini semakin banyak diminati oleh para pecinta masakan ikan sebagai hidangan spesial di acara-acara keluarga ataupun jamuan makan di restoran seafood.Tentu saja  kualitas tak pernah bohong, karena itu harga ikan kakap merah di pasaran tergolong  salah satu ikan mahal dibanding ikan-ikan lainnya.



Pak Harto ( Mantan Presiden RI ke 2 )pun, semasa hidupnya sangat menggemari ikan kakap merah ini.Bahkan disela-sela kesibukannya sebagai seorang Kepala Negara ,beliau menyempatkan diri untuk menyalurkan hobi memancing ikan kakap merah di lautan.Bahkan kabarnya setiap kali memancing beliau selalu berhasil mendapatkan ikan pancingan dalam ukuran besar, pantas saja teknik memancingnya bisa dibilang hebat dan diakui oleh para penghobi mancing mania.




Sahabat aswajareformer98 , kali ini saya akan berbagi pengalaman selama saya berkelana di daerah sulawesi, sudah bukan rahasia lagi masyarakat Sulawesi sangat menggemari masakan yang berupa hasil laut terutama ikan laut.Selama lebih dari dua tahun saya pernah tinggal di Kendari bersama paman dan bibi, waktu itu saya masih berusia 25 tahun. Kami tinggal di sebuah kampung yang sangat dekat dengan laut, namanya Desa Purirano Kendari. Rumah yang kami tinggali adalah rumah milik keluarga tokoh masyarakat terkemuka di kampung tersebut , kami biasa memanggilnya Ambo Abbas  mereka adalah orang asli Bugis Bone Sulawesi Selatan yang sudah lama menetap di Kendari  , rumah itu dikontrak oleh Pamanku selama hampir empat tahun lamanya. Keluarga Ambo Abbas sangat ramah dan baik sekali, Umi panggilan istrinya adalah guru mengaji yang terkenal sederhana namun penuh kedisiplinan terhadap anak-anaknya.Dari  ke lima anak-anaknya ,empat diantaranya menjadi seorang guru dan satu yang menjadi pegiat sosial di desanya namanya  Kak Saifudin Makulasse, mereka sudah saya anggap sebagai saudara-saudara angkat ,saking dekatnya hubungan diantara keluarga kami.Jadi wajar saja karena setiap hari berinteraksi kami pun merasakan ikatan emosional yang kuat sebagai seorang saudara walaupun kami berbeda suku, keluarga saya adalah orang jawa dan keluarga Ambo Abbas adalah orang Bugis Bone . Begitulah luar biasanya  makna persaudaraan  diantara kami. Demi mengenang hubungan persahabatan dan persaudaraan serta budaya bugis termasuk kulinernya ,maka saya terinspirasi untuk menulis  artikel   tentang bagaimana cara memasak ikan kakap merah ini , yaitu Resep dan Cara Memasak Ikan Kakap Kuah Kuning Asam Pedas Non Kolesterol khas Sulawesi ( tanpa minyak ).




Sahabat aswajareformer98, mari kita langsung saja mulai. Berikut  resep dan langkah-langkahnya :

1. Siapkan Bahan Ikan Kakap sebanyak 4 ekor ukuran sedang,potong masing-masing menjadi dua bagian ,lalu lumuri perasan jeruk nipis agar tidak amis.Bolak-balik ikan kakap merah hingga air perasan jeruk tersebut meresap merata.Diamkan selama 20 - 30  menit .

2. Siapkan  bahan- bahan  untuk  bumbu, antara lain Bawang putih 3 siung, Bawang Merah 9 siung, Cabe Merah  10 biji, Cabe rawit 10 biji, Tomat 2 buah, Kunyit 2 ruas, Jahe 1 ruas, Lengkuas 1 ruas, daun serai 2 batang, daun jeruk 3 lembar serta daun kemangi secukupnya.


Cara Memasak :


1.  Buat bumbu halus
Ulek  hingga halus bawang putih,bawang merah ,cabe merah ,cabe rawit ,kunyit,jahe,lengkuas,dan tomat. Setela itu lalu memarkan daun serai campur bersama bumbu halus.


1.  Rebus air di panci  diatas  kompor dengan api sedang , masukkan  campuran bumbu halus dan daun serai yang telah dimemarkan, lalu tambahkan daun jeruk.Jangan lupa masukkan garam dan penyedap rasa  serta asam jawa secukupnya.


2.  Setelah airnya mendidih ,masukkan  ikan kakap merah yang masing-masing  telah di potong menjadi dua bagian tersebut ke dalam panci pastikan seluruh bagian ikan terendam agar bumbunya betul-betul meresap ,kurangi nyala apinya tunggu hingga setengah jam hingga ikan kakap merah betul-betul matang.


3.  Terakhir taburkan daun kemangi diatas nya ,lalu tutup kembali pancinya biarkan selama lima menit hingga daun kemanginya layu.Lalu angkat dan Ikan Kuah Kakap Merah Asam Pedas ( tanpa minyak ) siap disajikan




Hidangan Ikan Kakap Merah Kuah Kuning Asam Pedas tanpa minyak ini sangat cocok sebagai hidangan  sehat keluarga, di jamin non kolesterol karena tanpa penggunaan minyak goreng dalam proses memasaknya. Apalagi  di saat cuaca sedang dingin/musim hujan, sangat pas disajikan dalam keadaan panas.


Selamat Mencoba

Semoga bermanfaat !
Eko Sulistyo Santosa 2018@copyright. Diberdayakan oleh Blogger.